Banyak dari kita yang memutuskan untuk pergi ke dokter gigi setelah mengalami suatu rasa sakit atau rasa yang sangat tidak nyaman. Rasa tersebut menjadikan pemeriksaan ke dokter gigi hanya menjadi suatu kebutuhan. Sebenarnya, tanpa disadari, terdapat berbagai kondisi di dalam rongga mulut kita yang seringkali tidak menimbulkan keluhan berarti, namun ternyata berpotensi besar menimbulkan dampak negatif yang lebih besar di kemudian hari.

Apa sajakah kondisi-kondisi tersebut? 

1. PERADANGAN KARENA KARANG GIGI

Karang gigi adalah timbunan plak gigi yang mengeras dan terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Walaupun seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, penumpukan karang gigi menyebabkan gusi di sekitarnya meradang. Jika tidak ditangani, peradangan ini dapat berlanjut menjadi kondisi yang lebih serius dan melibatkan tulang sehingga menimbulkan kegoyangan pada gigi yang seringkali berujung pada kehilangan gigi.

 

2. LUBANG KECIL PADA GIGI GERAHAM

Pada awalnya, lubang kecil pada gigi geraham seringkali belum menimbulkan rasa ngilu yang hebat. Oleh karena itu, kita seringkali mengabaikannya. Namun, perlu diketahui permukaan gigi geraham kita tidaklah rata dan terdiri dari banyak ceruk yang panjang dan sempit di luar tetapi luas di dalamnya. Jadi, walaupun sekilas terlihat hanya seperti lubang kecil, ternyata bisa merupakan lubang yang lebih besar di dalamnya (A). Jika tidak ditangani, lubang ini dapat bertambah semakin besar dan mengenai ruang syaraf di dalam (B).  

 

Tentunya kondisi-kondisi di atas hanya dapat diketahui pasti oleh seorang dokter gigi. Oleh karena itu, jangan tunggu sampai keluhan datang, pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali adalah suatu keharusan.            

Disusun Oleh : drg. Karina Febriani Hudono

Follow Instagram Kami