Kesehatan gigi tidak cuma dilakukan oleh orang dewasa. Idealnya, gigi dan gusi sudah harus dirawat sedini mungkin semenjak masih kanak-kanak. Itu sebabnya Anda sudah boleh mulai mengajak si kecil untuk rutin mengunjungi dokter gigi. Salah satu perawatan gigi yang ditawarkan oleh dokter gigi adalah scaling, alias pembersihan karang gigi. Anak-anak memang rentan memiliki karang gigi karena kebiasaan makannya, tapi kapan anak sudah boleh melakukan scaling?

Lalu, diusia berapa anak boleh scaling?

Jika memang gigi anak banyak ditemukan karang gigi, ia boleh saja melakukan scaling di dokter gigi. Scaling gigi tidak memiliki batas usia tertentu. Anak Anda bisa saja scaling mulai usia berapapun, asal memang anak Anda sudah punya gigi dan giginya perlu dibersihkan.

Tentunya keputusan ini akan lebih bijak lagi jika dilakukan atas anjuran dokter gigi anak. Dokter akan mencari tahu apakah anak Anda benar memerlukan scaling, dan jika ya, memberi tahu Anda seperti apa prosesnya dan apa kemungkinan risikonya (jika ada). Dokter juga terlebih dulu melihat kondisi kesehatan dan riwayat kesehatan gigi si kecil.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk rajin memeriksakan gigi si kecil bahkan sebelum giginya tumbuh lengkap. Anda bisa mulai membawa si kecil ke dokter gigi anak saat gigi pertamanya mulai tumbuh. Selanjutnya, Anda bisa menjadwalkan enam bulan sekali untuk pergi ke dokter gigi anak untuk memeriksakan secara rutin kondisi serta kebersihan gigi buah hati Anda.

 

Follow Instagram Kami