Biaya Pasang Gigi Palsu Terbaru | Biaya.Info

Apa itu gigi palsu?

Gigi palsu adalah gigi tiruan yang bisa dilepas-pasang untuk menggantikan gigi atau gusi yang hilang. Gigi tiruan ini dibuat sangat mirip dengan gigi asli.

 

Gigi tiruan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Gigi palsu lengkap. Gigi tiruan ini dibuat untuk mengganti semua gigi yang hilang. Entah itu pada gigi bagian atas maupun gigi bawah. Biasanya gigi ini digunakan oleh lansia yang sudah tidak punya gigi asli lagi.
  • Gigi palsu sebagian. Gigi tiruan dibuat hanya untuk menggantikan satu atau beberapa gigi yang hilang. Gigi tiruan jenis ini dilengkapi dengan klip perekat yang terbuat dari logam atau karet untuk menjepit gigi asli yang mengapitnya.

Apa pun jenisnya, gigi tiruan dapat rusak bila tidak dirawat dengan tepat.

 

Kapan saya harus pasang gigi palsu?

Gigi tiruan biasanya dipasang untuk menggantikan gigi yang ompong karena tanggal atau rusak.

Gigi yang dibiarkan ompong dapat mengubah struktur tulang rahang sehingga membuat wajah Anda jadi terlihat tidak simetris. Di sisi lain, gigi yang ompong juga dapat membuat Anda kesulitan mengunyah dan berbicara.

Gigi ompong dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari faktor usia, penyakit gusi (periodontitis), benturan keras di mulut, dan kerusakan gigi lainnya. Apa pun penyebabnya, gigi ompong harus segera diganti dengan gigi baru.

Baik pria dan wanita boleh pasang gigi tiruan jika memang diperlukan. Namun, sebelum pasang gigi tiruan pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi untuk informasi yang lebih lengkap.

Penjelasan Jenis Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

Rajin periksa ke dokter gigi

Lakukanlah pemeriksaan rutin ke dokter setidaknya setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memantau kesehatan gigi dan mulut Anda secara menyeluruh. Dokter dapat membersihkan gigi tiruan dari plak dan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.

Dokter juga dapat membantu memperbaiki gigi tiruan yang tidak pas di mulut. Ya, seiring bertambahnya usia, bentuk tulang wajah pada kita cenderung akan mengalami perubahan. Alhasil, sangat mungkin bila sewaktu-waktu gigi palsu dapat terasa tidak pas di mulut.

Pada sesi konsultasi, sampaikan setiap keluhan yang Anda rasakan kepada dokter. Supaya tidak lupa, buatlah catatan dan buat pengingat di buku khusus.

Segera laporan ke dokter gigi bila:

  • Gigi tiruan Anda tidak pas
  • Gigi tiruan terasa tidak nyaman
  • Gigi tiruan terlihat aus
  • Anda mengalami tanda-tanda penyakit gusi atau kerusakan gigi, seperti gusi berdarah dan bau mulut.

Gigi palsu yang aus dapat menyebabkan mulut terasa tidak nyaman. Bahkan memicu berbagai masalah yang mungkin meliputi luka di gusi, infeksi, kesulitan mengunyah makanan, dan berbicara.

 

Follow Instagram Kami