Masalah gigi berlubang bisa terjadi pada siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Banyak yang beranggapan bahwa kondisi ini tidak boleh dianggap sepele, sebab gigi berlubang dipercaya bisa membahayakan kehamilan. Benarkah demikian?

Sakit Gigi Saat Hamil: Penyebab dan Cara Mengatasinya - Mama's Choice

Gigi Berlubang Bisa Membahayakan Kehamilan

Ibu hamil memang rentan mengalami gangguan kesehatan mulut, seperti gusi berdarah atau gingivitis dan gigi berlubang. Hal tersebut bisa terjadi karena perubahan hormon selama kehamilan dan bisa diperparah jika Bumil abai dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Selain itu, perubahan perilaku makan, seperti ngidam makanan atau minuman manis, muntah-muntah atau morning sickness, hingga rasa malas menyikat gigi karena gusi terasa sakit juga turut menyebabkan ibu hamil rentan mengalami gigi berlubang.

Gigi berlubang pada ibu hamil harus segera diatasi meskipun ukurannya kecil. Hal ini karena lubang lambat laun bisa semakin besar.

Makin besar lubang pada gigi, makin besar pula kemungkinan terjadinya infeksi yang bisa menyebabkan komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan preeklamsia.

Itulah sebabnya setiap ibu hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut. Gigi berlubang yang mengalami infeksi atau terasa sangat nyeri perlu ditangani sesegera mungkin, sedangkan gigi berlubang yang ringan bisa ditunda penanganannya hingga trimester kedua.

Gigi Sensitif Saat Hamil? Coba Pasta Gigi Ibu Hamil Ini Yuk! Sep

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Hamil

Karena gigi berlubang saat hamil bisa sangat berbahaya, Bumil dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut. Beberapa tips yang bisa Bumil lakukan adalah:

  • Sikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pilihlah sikat gigi yang bulu sikatnya lembut sehingga tidak sakit di gusi.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Batasi konsumsi makanan dan minuman manis karena bisa menimbulkan kerusakan gigi.
  • Konsumsi makanan sehat, seperti aneka sayur dan buah.
  • Penuhi asupan kalsium dan vitamin D, misalnya dengan mengonsumsi susu, keju, roti, sereal, dan kacang-kacangan yang kaya akan kedua nutrisi ini.
  • Berkumurlah dengan air putih setiap sehabis muntah.
  • Jangan menyikat gigi langsung setelah muntah, karena ini bisa mengikis enamel gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut saat hamil sangatlah penting untuk kesehatan Bumil dan janin. Setelah mengetahui bahaya di balik gigi berlubang dan masalah gigi lainnya, kini Bumil tidak boleh malas untuk selalu memperhatikan kebersihan gigi dan mulut, ya.

 

Follow Instagram Kami